Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam Perlu Perhatian Pemerintah

Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam Perlu Perhatian Pemerintah

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa menghadiri pembukaan Kongres Nasional dan Seminar Pendidikan Agama Islam Dewan Pimpinan Pusat dan Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia di PP Paud dan Dikmas Jabar, Lembang, Rabu (8/2/2017).

Kongres ini mengangkat tema “Peran Pendidikan Agama dalam membangun Akhlak Bangsa.”

Menag Lukman Hakim Saifuddin yang membuka acara tersebut menyampaikan permohonan maaf pada guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam karena kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Ia berjanji akan memperbaiki berbagai macam kekurangan dan persoalan dalam Pendidikan Agama Islam. Salah satunya melakukan identifikasi dan koreksi secara khusus terhadap guru dan dosen Pendikan Agama Islam di seluruh Indonesia. Selain itu memberikan pelatihan pengembangan wawasan dan kapasitas dosen pendidikan Agama Islam.

Lukman berharap dalam lima tahun mendatang, ADIPSI bisa menghasilkan 5.000 dosen Pendidikan Agama Islam. “Disinilah fungsi menteri agama dalam menjawab persoalan yang dihadapi oleh pengajar Pendidikan Agama Islam di era globalisasi ini, salah satunya memberikan sumbangsih pemikirna,” jelasnya.

Ia juga mengusulkan untuk menambah tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam di sekolah dan perguruan tinggi.

Sementara Sekda Prov Jabar Iwa Karniwa mengatakan akan mendorong sepenuhnya apa yang telah direncanakan oleh PAI. Ia memberikan apresiasi dan penghargaan pada dosen Pendidikan Agama Islam.

Ketua DPP ADPISI, Syahidin, mengatakan pada mulanya kongres ini dirintis pada tahun 2006 hingga terbentuk program dan perwakilannya. Dalam perjalanannya kongres ini sempat vakum karena masalah internal. Tapi akhir tahun 2016 dibuka kembali oleh menteri agama.

“Salah satu alasan dibentuknya kongres dan seminar PAI DPP ADIPSI ini adalah respon terhadap RUU pendidikan Agama Islam,” jelas Syahidin.

Lebih lanjut ia mengatakan rencana ADIPSI adalah memajukan kurikulum Pendidikan Agama Islam serta meningkatkan kualitas pengajarnya. (Fasko Dehotman)

Sumber: http://ayobandung.com/read/20170208/64/16174/guru-dan-dosen-pendidikan-agama-islam-perlu-perhatian-pemerintah

Hatim Gazali
Hatim Gazali

Dosen Sampoerna University

You must be logged in to post a comment